Mulai saat ini, mintalah! (bag. ke-2)

Untuk anggota Quranic Enlightenment

Nur Arif Hidayatmo 05 Desember 2009 jam 6:57

Mulai saat ini, mintalah! (bag. ke-2)

Ada seorang penulis dari Timur Tengah, suatu saat ia ingin mencari suaka ke negara lain. Tiap saat ia berusaha mengurus administrasinya tapi ia selalu gagal. Ia selau dipersulit. Berbagai jalan ia lalui. Tapi usahanya itu tidak pernah berhasil.

Suatu hari ia bertemu dengan seseorang, dan ia menceritakan kesusahan hidupnya itu. Ia ceritakan usahanya yang selalu gagal dalam mengurus administrasi. Orang itu hanya menganjurkan agar ia mulailah BANGUN PADA SEPERTIGA AKHIR MALAM, LALU MINTALAH KEPADA ALLAH. Karena seluruh apa yang ada di dunia dan akhirat hanyalah milik Allah. Lalu orang itu pun membacakan hadits Nabi,

“BILA KAMU MEMINTA, MINTALAH KEPADA ALLAH! BILA KAMU MEMINTA PERTOLONGAN, MINTALAH PERTOLONGAN KEPADA ALLAH!…..”

Sejak hari itu, ia tidak lagi pergi kemana-mana. Malam-malamnya ia hidupkan. PADA SEPERTIGA AKHIR MALAM ia bangun lalu ia MULAI MEMINTA. Pagi harinya pun ia shalat LALU MEMINTA LAGI. Dan ia terus melakukan itu berhari-hari.

Sampai suatu hari ia pergi lagi untuk mengurus administrasi permintaan suakanya itu. AJAIB, kantor-kantor dan petugas-petugas yang biasanya mempersulit dirinya, di hari itu mereka sangat mempermudah proses penulis itu. Hingga dua hari setelahnya, penulis itu terkejut kaena sebuah surat terkirim ke rumahnya bahwa permintaannya dikabulkan!!!

****

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah SABAR dan SHALAT sebagai PENOLONGMU, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” [Al Baqarah: 153]

Saat kita ditimpa kesusahan, kita terus berusaha untuk sabar. Padahal yang dikehendaki Allah bukan hanya sabar. Tapi sabar dan shalat.

Bila sabar adalah SIKAP BERTAHAN, maka shalat adalah sikap MAJU BERGERAK. Bila kita hanya bersabar maka kita hanya diam bertahan. Padahal sesuatu tidak akan berubah sampai kita berusaha untuk merubahnya. Dan cara merubahnya adalah dengan shalat.

Lakukanlah shalat-shalat yang banyak!
Kerjakan tahajjud, lalu berdoalah, mintalah apapun kepada Allah!
Kerjakan Dhuha, lalu berdoalah, mintalah apapun kepada Allah!
Kerjakan 2 rakaat niatkan untuk shalat Hajat, lalu berdoalah, mintalah apapun kepada Allah!
Kerjakan 2 rakaat niatkan untuk shalat Taubat, lalu berdoalah, mintalah apapun kepada Allah!
Kerjakan shalat 5 waktu, lalu berdoalah, mintalah apapun kepada Allah!
Kerjakan shalat qabliyah dan ba’diyah, lalu berdoalah, mintalah apapun kepada Allah!
Kerjakan 2 rakaat niatkan untuk shalat Istikharah, lalu berdoalah, mintalah apapun kepada Allah!
Kerjakan shalat Tasbih, lalu berdoalah, mintalah apapun kepada Allah!

****

Ada kisah nyata. Saat itu ada sebuah keluarga bepergian melewati gurun pasir. Setelah jauh berada di tengah-tengah gurun, matahari sedang terik-teriknya. Perbekalan air telah habis tidak ada sumber air di sekitar itu dan perkampungan pendudukan sangat jauh dari tempat mereka terjebak. Anak-anaknya menangis. Mereka seperti mau mati karena rasa haus mereka seperti sudah akan mencekik.

Sebagai kepala keluarga ia bertanggungjawab atas kehidupan anak-anaknya. Ia berjalan ke berbagai sudut gurun itu tapi di tempat itu benar-benar tidak ada air.

Saat ia hampir putus asa, ia ingat bahwa Allah itu ada. Ia sangat DEKAT kepada mereka yang berdoa kepadaNya. Ia Maha Mendengar doa-doa.

Karena itulah orang itu kemudian bertayamum. Ia berdiri lalu shalat 2 rakaat. Setelah selesai, ia mengangkat tangannya dan berdoa. Ia meminta agar Allah menjaganya dari kebinasaan. Ia meminta agar Allah menurunkan pertolonganNya. Ia berdoa dengan PENGHARAPAN yang sangat. Air matanya beruraian.

Baru saja tangannya diturunkan, di atas mereka tiba-tiba ada mendung. Lalu dari mendung itulah air hujan turun. Ceruk-ceruk yang ada di sekitar mereka penuh terisi air. Mereka tidak hanya bisa minum, tapi mereka bahkan bisa mandi. Setelah mereka mengucapkan syukur atas seluruh nikmat itu, mereka pun pulang. Tapi AJAIBNYA, rupanya hujan itu hanya diturunkan Allah KHUSUS untuk mereka. Karena saat mereka melangkahkan kakinya agak jauh, di sekitar mereka masih tetap kering!!!

  1. good article…bravo !!
    http://mobil88.wordpress.com

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: