Mulai saat ini, mintalah…(bag. Ke-4)

Untuk anggota Quranic Enlightenment

Nur Arif Hidayatmo 09 Desember 2009 jam 7:29

Nantikanlah datangnya hari Jumat, karena ada SAAT di hari itu dimana DOA-DOA akan DIKABULKAN.
Nabi Muhammad Saw yang menyampaikannya kepada kita, bahwa HARI JUMAT adalah HARI TERBESAR di sisi Allah Swt, melebihi HARI IEDUL FITHRI DAN IEDUL ADHA. Dan pada HARI JUMAT itu ADA suatu saat DIMANA TIDAK SEORANG HAMBA PUN MEMOHON SESUATU PADANYA, KECUALI AKAN DIKABULKAN ALLAH SELAMA YANG DIMINTANYA BUKAN SESUATU YANG HARAM. [Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Ibnu Majah dan Ahmad]
Tapi kapankah saat itu? Pada jam berapakah?
Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam menyampaikannya kepada kita:
“…bahwa pada HARI JUMAT itu ada suatu saat, DIMANA TIADA SEORANG HAMBA MUKMIN PUN SHALAT kemudian berdoa kepada allah ta’ala sedang waktunya bertepatan dengan SAAT ITU, melainkan ALLAH PASTI AKAN MENGABULKAN PERMOHONANNYA.” [Diriwayatkan Ibnu Majah]
“Pada HARI JUMAT itu ada suatu SAAT dimana tidak seorang Muslim pun memohonkan sesuatu kebaikan kepada Allah Ta’ala dan waktunya bertepatan dengan saat itu, melainkan Allah pasti akan mengabulkan permohonannya. Dan SAAT ITU ADALAH SESUDAH ASHAR.” [Diriwayatkan oleh Ahmad]
Atau dalam riwayat yang lain:
“…dan CARILAH saat itu PADA WAKTU-WAKTU TERAKHIR SETELAH ASHAR.”
Peristiwa ini disediakan Allah sekali dalam sepekan. Allah memberi waktu hanya sekejap bagi orang-orang yang ingin MEMINTA dan BERDOA, atau dalam riwayat lain ada 1 jam dari 24 jam di hari Jumat.

KARENA ITU, NANTI-NANTIKANLAH DATANGNYA HARI JUMAT. DAN TUNGGULAH TIBANYA WAKTU ITU. Persiapkanlah mulai hari ini, daftar PERMINTAAN KITA yang akan kita MOHONKAN kepada Allah. Dan bila HARI JUMAT esok telah datang, bersiap-siaplah. Tunggu saat-saat menjelang Ashar.
Menjelang Ashar bersiaplah pergi ke masjid atau mushalla. Kerjakan Ashar dengan berjamaah. Kosongkan jadwal antara Ashar sampai Maghrib. Usahakan kita tidak disibukkan oleh apapun. Karena saat itu akan kita pakai untuk MEMINTA. Selama 3 JAM, BERDOALAH BANYAK-BANYAK. MEMINTALAH APAPUN YANG KITA INGINKAN UNTUK DIHADIRKAN ALLAH dalam hidup kita. Dan hendaknya yang kita MINTA ITU adalah benar-benar sesuatu yang membuat kita BAHAGIA DUNIA DAN AKHIRAT. Ketahui apa yang kita INGINKAN, lalu MEMINTALAH KEPADA ALLAH. Dan saat penuh kemakbulan itu berakhir manakala adzan Maghrib dikumandangkan oleh muadzin.
****
Ada dua orang Majusi, kakak beradik yang ditugasi untuk menjaga api. Kakaknya berumur 70-an tahun. Adiknya berumur 30-an tahun. Sampai suatu saat sang adik bertemu dengan Malik bin Dinar, lalu dihadapannya ia mengucapkan syahadat. Kakaknya tidak mau masuk Islam karena ia khawatir ia akan dikucilkan oleh masyarakatnya.
Dan benar, saat sang adik masuk Islam, masyarakat mengucilkannya. Kehidupannya dipersempit. Saat ia ingin bantuan orang-orang, mereka tidak ada yang mau membantu. Saat ia meminta pekerjaan, orang-orang tidak ada yang mau memberinya pekerjaan.

Akhirnya ia dan keluarganya tinggal di reruntuhan bangunan. Sampai suatu saat mereka kelaparan dan sudah tidak ada lagi yang bisa dimakan. Ia pergi ke pasar dan berbagai tempat untuk bekerja, tapi ia tidak dapat apa-apa. Akhirnya ia hanya bisa ke masjid lalu beribadah semalaman. Dan saat malam tiba, ia baru pulang ke rumah.
Istrinya meminta upah kerjanya hari itu, tapi ia tidak membawa apa-apa. Ia hanya berkata, “Aku telah bekerja pada Sang Raja, dan baru besok Ia akan Memberikan upahnya.”
Esoknya ia mengalami hal yang sama. Tidak seorang pun yang mau memberinya pekerjaan. Dan malam kedua itu mereka kelaparan lagi. Dan ia pun hanya menjawab, “Aku sudah dua hari bekerja pada Sang Raja, mungkin baru esok upah itu akan dibayarNya.” Padahal ia sudah mencari kesana kemari pekerjaan dan tidak ia dapatkan. Selama seharian ia hanya berada di masjid untuk bermunajat.
Hari ketiganya adalah HARI JUMAT. Dan di hari itu pun lagi-lagi ia tidak mendapatkan pekerjaan. Lalu IA PUN PERGI KE MASJID, MENGERJAKAN SHALAT DUA RAKAAT, LALU IA ANGKAT KEDUA TANGANNYA UNTUK BERDOA:
“YAA TUHANKU, DENGAN KEMULIAAN AGAMA INI YAITU ISLAM, DAN DENGAN KEMULIAAN HARIMU INI YAITU HARI JUMAT, HAPUSKANLAH RASA SUSAH HATIKU DARI URUSAN NAFKAH UNTUK KELUARGA….”
Di saat yang bersamaan, menjelang tibanya waktu Jumat, ada seseorang yang mengetuk pintu rumahnya. Dan saat itu di rumahnya hanya ada istrinya. Orang itu datang sambil membawa baki/ nampan yang tertutup kain. Orang itu kemudian berkata:
“AMBILLAH DAN TERIMALAH BAKI INI, DAN KATAKAN KEPADA SUAMIMU BAHWA INI SEMUA ADALAH UPAH PEKERJAANNYA UNTUK ALLAH TA’ALA DI HARI JUMAT INI. KARENA SESUNGGUHNYA AMAL YANG SEDIKIT DI HARI INI BERNILAI BANYAK PAHALANYA DI SISI ALLAH.” Lalu orang itu pun pergi.
Dan tahukah kita siapa dan apa yang dibawa oleh laki-laki tadi?
Ternyata di dalam baki itu ketika kain penutupnya dibuka, di dalamnya berisi kepingan-kepingan SERIBU DINAR. DAN SAAT SEKEPING DINAR ITU DITIMBANG, BERATNYA DUA KALI BERAT DINAR DI DUNIA!!!!
Mulailah Jumat esok kita pergi ke masjid atau mushalla.
Angkat kedua tangan kita sejajar bahu! Atau jika masalah yang kita hadapi sangat berat, angkat LEBIH TINGGI LAGI! Sebut Nama Allah! Dan ucapkan shalawat untuk Nabi 10 kali, 20 kali, atau seberapapun kita ingin mengucapkan shalawat untuknya! Baca surat Yasin sampai selesai, lau BERDOALAH, MINTALAH kepada Allah!

Baca surat Al Hadiid sampai selesai, lalu BERDOALAH, MINTALAH kepada Allah! Baca surat Al Kahfi sampai selesai, lalu BERDOALAH, MINTALAH kepada Allah! Baca surat Al Mulk sampai selesai, lalu BERDOALAH, MINTALAH kepada Allah! Baca Zahrawain (Al Baqarah dan Ali Imraan) sampai selesai, lalu BERDOALAH, MINTALAH kepada Allah!

Atau bacalah surat apapun yang kita pilih sampai selesai, lalu BERDOALAH, MINTALAH kepada Allah!
Selama 3 jam setelah Ashar di hari Jumat , MULAILAH UNTUK BERDOA!
Selama 3 jam setelah Ashar di hari Jumat, MULAILAH UNTUK MEMINTA!
Karena saat shalat Maghrib telah tiba, saat yang penuh KEMAKBULAN itu berakhir…..

Mulai saat ini mintalah,karena sudah cukup lama kita tidak pernah meminta kepada Allah.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: