Rangkuman sebagian besar materi Quranic Enlightenment

  1. Allah MEMERINTAHKAN kita pada saat kita berdoa kepadaNya, hendaknya tidak hanya MEMINTA keinginan-keinginan akhirat saja, karena Ia pun menginginkan kita MEMINTA dunia kepadaNya.

Sesungguhnya Allah Swt berfirman: “Hai hambaKu, sesungguhnya Aku mengharamkan DiriKu berbuat zalim (menganiaya), maka janganlah kamu SALING MENZALIMI.

Hai hambaKu, kamu semua sesat kecuali orang yang telah Aku beri petunjuk, MAKA HENDAKLAH KAMU MEMINTA PETUNJUK KEPADAKU, PASTI AKU AKAN MEMBERI PETUNJUK.

Hai hambaKu, kamu semuanya LAPAR, kecuali YANG TELAH AKU BERI MAKAN, maka HENDAKLAH KAMU MINTA MAKAN KEPADAKU, pasti Aku memberi makan kepadamu.

Hai hambaKu, kamu semua telanjang, kecuali YANG TELAH AKU BERI PAKAIAN, maka hendaklah kamu MEMINTA PAKAIAN  padaKu, PASTI AKU MEMBERI PAKAIAN KEPADAMU.

Hai hambaKu, sesungguhnya KAMU MELAKUKAN KESALAHAN DI WAKTU SIANG DAN MALAM, DAN AKU MENGAMPUNI DOSA-DOSA ITU SEMUANYA, MAKA MINTALAH AMPUN PADAKU, PASTI AKU MENGAMPUNI KAMU.

Hai hambaKu, sesungguhnya kamu tidak dapat MEMBINASAKAN AKU, DAN KAMU TIDAK DAPAT MEMBERIKAN MANFAAT PADAKU.

Hai hambaKu, kalau orang-orang terdahulu dan orang-orang yang terakhir diantaramu, manusia dan jin semuanya bertakwa dengan setakwa-takwanya seseorang diantaramu, ITU TIDAK MENAMBAH KERAJAANKU SEDIKITPUN.

Hai hambaKu, kalau orang-orang terdahulu dan orang-orang yang terakhir diantaramu, manusia dan jin semuanya berbuat jahat dengan sejahat-jahatnya seseorang diantaramu, ITU TIDAK MENGURANGI KERAJAANKU SEDIKITPUN.

Hai hambaKu, kalau orang-orang terdahulu dan orang-orang yang terakhir diantaramu, MEREKA BERADA DI BUMI YANG SATU, MAKA MEREKA MEMINTA KEPADAKU, MAKA AKU MEMBERIKAN TIAP-TIAP ORANG PERMINTAANYA, TIDAKLAH ITU MENGURANGI DARIPADA YANG ADA PADAKU, KECUALI SEBAGAIMANA SEBATANG JARUM APABILA DIMASUKKAN KE LAUT.

Hai hambaKu, sesungguhnya itu semua adalah amal perbuatanmu. Aku catat bagimu sekalin, kemudian Aku membalasnya. Maka barangsiapa yang mendapat kebaikan, hendaklah bersyukur kepada Allah, dan barangsiapa mendapatkan selain daripada itu, maka janganlah ia menyalahkan kecuali dirinya sendiri.” (dalam riwayat Muslim)

2. Kesempitan itu selalu berkesudahan dengan kesuksesan

Jagalah kenangan ingatanmu kepada Allah, pasti kamu mendapatiNya di hadapanmu.

Hendaklah kamu mengenal Allah di waktu lapang (senang), pasti Allah akan mengenalmu di waktu susah.

Ketahuilah bahwa apa yang harus meleset terhadapmu, tidak akan mengenaimu. Dan apa yang harus mengenaimu, tidak akan meleset darimu.

Dan ketahuilah sesungguhnya kemenangan ada beserta kesabaran, dan sesungguhnya kesenangan ada beserta kesusahan dan kesulitan itu ada bersama dengan kemudiahan.

  1. Ucapan syukur Alhamdulillaah itu memenuhi ruangan antara langit dan bumi

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Kebersihan itu sebagian dari iman.

(UCAPAN DZIKIR) ALHAMDULILLAH MEMENUHI (MEMBERATKAN) MIZAN (TIMBANGAN AMAL).

(UCAPAN DZIKIR) SUBHAANALLAH WALHAMDULILLAH, KEDUANYA MEMENUHI RUANG YANG DIANTARA LANGIT DAN BUMI.

Dan Shalat itu adalah cahaya.

Sedekah adalah  Burhan (penjelas).

Sabar itu adalah sinar.

Dan Al Quran adalah Hujjah (bukti/ alasan) yang akan membelamu atau menantangmu.

Setiap manusia adalah bekerja, maka ada yang menjual dirinya dengan bekerja yang berat-berat untuk menyelamatkannya atau mencelakakannya. (dalam riwayat Muslim)

    • ZULPAN EFENDI DASOPANG
    • Mei 16th, 2014

    terima kasih atas pencerahannya.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: